Bagaimana Pengemasan Produk Kerajinan yang Baik dan Benar?

Pengemasan telah menjadi bagian penting dari sebuah karya. Saat ini, kemasan sebuah produk turut menentukan apakah sebuah produk turut menentukan apakah produk tersebut layak dikatakan berkualitas atau tidak.

Pengemasan Produk Kerajinan
gambar: qlapa.com


Pengemasan dan Desain Produk


Pengemasan tidak hanya berupa wadah namun pelengkap dengan tujuan agar karya dapat terlihat lebih dominan. Misalany boneka dari kulit telur yang dikemas menggunakan kotak kaca atau mika, dengan demikian boneka tersebut terlihat lebih indah dan menarik dibanding tanpa menggunakan kotak atau wadah. Adapun prinsip bahan dasar dari kemasan itu sendiri sangat bervariasi, seperti plastik, kayu, serat alam, kardus, mika, kaca, dan lain sebagainya. Semua bergantung pada cocok tidaknya sebuah produk pada kemasannya.

Penting untuk dipahami, bahwa karya yang diperuntukkan dijual, maka kemasan harus lebih berguna untuk melindungi karya dari kerusakan, sedangkan jika untuk dipamerkan maka kemasan sebagai penunjang karya utama tidak boleh mendominasi daripada karya utamanya. Dilihat dari fungsinya, kemasan memiliki 4 fungsi utama, yaitu sebagai berikut.

1. Menjual produk
2. Melindungi produk
3. Memudahkan penggunaan produk
4. Memperindah penampilan produk

Dalam memperindah penampilan produk, se;ain dengan kemasan yang menarik juga diperlukan adanya desain terhadap produk itu sendiri. Desain produk dibuay sesuai dengan keinginan pengarajin ataupun pesanan dari konsumen. Desain produk yang sering digunakan adalah bentuk bunga, hewan, ataupun bentuk lainnya yang tingkat kesulitannya tinggi. Semakin rumit desain suatu produk, maka semakin mahal pula harga produk tersebut.

Unsur Eatetika dan Ekonomis, Praktis dan Marketable

Pengemasan harus disesuaikan dengan desain produk. Apabila desain produk kerajinan itu kecil, maka kemasan yang digunakan harus kecil bentuknya, dan sebaliknya selain terlihat lebih indah juga sesuai dengan nilai ekonomis suatu karya. Desain produk dibuat seindah mungkin sesuai dengan unsur estetikanya agar menarik orang yang melihatnya. Selain itu, pengemasan harus sepraktis mungkin dan mampu menimbulkan kesan yang mahal dan indah sehingga produk laku di pasaran.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagaimana Pengemasan Produk Kerajinan yang Baik dan Benar?"

Post a Comment