Antara Bimbel Online dan Bimbel Offline, Lebih Bagus Mana?

Di sekolah, siswa belajar kira-kira 5-9 jam per hari. Belum lagi ditambah bimbel yang lamanya berkisar antara 1-3 jam. Sebenarnya perlukah bimbel itu? Jawabannya tentu relatif. Siswa yang belum begitu paham materi sekolah biasanya memilih bimbel atau les supaya dapat menguasai pelajaran di sekolah. Siswa yang pintar pun kadang juga mengikuti bimbel untuk memperdalam materi.

Antara Bimbel Online dan Bimbel Offline, Lebih Bagus Mana?


Dewasa ini bimbel memang banyak diminati oleh siswa. Banyak bermunculan bimbel-bimbel yang menawarkan program-program yang sebenarnya antara bimbel satu dengan bimbel yang lain tak jauh berbeda. Siswa pun berbondong-bondong mendaftar ke bimbel, baik dipaksa orang tua maupun inisiatif sendiri.

Berkembangnya teknologi mengakibatkan sistem dan cara hidup manusia mengalami pergeseran ke arah digital. Semua serba digital dan serba online. Permainan online, nonton film onlnie, belanja online, membayar online, bahkan belajar pun online.

Begitu pun bimbel. Kini bimbel-bimbel online sudah banyak bermunculan di jagad internet. Bimbel online berusaha menjaring para "pembeli" untuk membeli "produk" mereka. Apa produk yang ditawarkan? Produk yang ditawarkan biasanya berupa video materi pelajaran, cd pembelajaran, dan latihan soal. Lantas, antara bimbel online dan bimbel offline, mana yang lebih bagus? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, baca poin-poin berikut. Poin berikut bisa menjadi keunggulan atau kelemahan pada bimbel online/offline.

Harga/Biaya

Bimbel offline ternama atau yang sudah memiliki brand, biayanya rata-rata di atas satu juta rupiah per tahun ajaran. Sedangkan untuk bimbel offline rata-rata biayanya di bawah satu juta per tahun ajaran. Ini yang menjadi keunggulan bimbel online. Harga yang terjangkau tentu menjadi daya tarik bagi siswa.

Tutor/tentor

Lembaga bimbel baik oline maupun offline pasti memilih tutor terbaik sebagai pengajar. Untuk tutor, setiap siswa memiliki selera yang berbeda-beda, karena kualitas mengajar tutor bimbel itu relatif. Namun biasanya tutor bimbel memiliki sikap enerjik dan fun, sehingga siswa menjadi enjoy dalam belajar.

Waktu

Para siswa seringkali tidak memiliki waktu untuk mengikuti bimbel offline yang jadwalnya sudah ditentukan. Lain halnya dengan bimbel online, siswa bebas menentukan jadwal dan waktu belajar, karena pembelajaran dalam bentuk video bisa ditonton kapan saja. Sementara bimbel offline memiliki jadwal belajar yang sudah ditentukan dan pembelajaran dilakukan secara manual di kelas, sehingga penjelasan tutor tidak bisa diulang-ulang seperti halnya pada bimbel online.

Tempat

Karena pada bimbel online penjelasan materi biasanya berupa video, maka bisa ditonton di mana saja dan melalui perangkat apa saja. Siswa bisa belajar di depan komputer/laptop, melaui tablet/smartphone di mana saja dan kapan saja. Apakah di kamar, di warung, di jalan, di toilet, silahkan saja asalkan ada jaringan internet. Sementara pada bimbel offline, mau tidak mau siswa harus datang ke tempat bimbel, kecuali jika siswa mengikuti bimbel privat, maka tutor yang akan mengujungi siswa.

Proses Pembelajaran

Jika pada bimbel online siswa biasanya belajar sendiri, maka pada bimbel offline siswa akan belajar bersama para siswa lainnya. Dapat dikatakan proses pembelajaran bimbel offline relatif lebih seru dan menyenangkan karena siswa akan belajar bersama-sama sehingga memiliki tutor sebaya dan tidak merasa kesepian. Pada bimbel offline, siswa belajar sendiri-sendiri dan seringkali merasa jenuh walaupun materi diajarkan secara enjoy and fun.

Poin Lainnya...

Sebanarnya banyak poin yang bisa digunakan untuk mengkomparasikan bimbel online maupun offline. Di antara dua jenis bimbel tersebut masing-masing memiliki keunggulan tersendiri. Jadi lebih bagus yang mana? Bimbel online atau offline? Semua bergantung kepada kondisi, selera, dan gaya belajar masing-masing siswa. Apabila siswa lebih suka belajar bersama, maka bimbel offline adalah pilihan yang tepat. Namun jika siswa lebih menyukai belajar dengan suasana tenang dan lebih suka belajar sendiri, bimbel online adalah pilihan yang sebaiknya diambil.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Antara Bimbel Online dan Bimbel Offline, Lebih Bagus Mana?"

Post a Comment